Persyaratan Tunjangan Sertifikasi Guru Terbaru, Tidak Wajib Mengajar 24 Jam

Persyaratan Tunjangan Sertifikasi Guru Terbaru, Tidak Wajib Mengajar 24 Jam | Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa guru bersertifikasi atau guru penerima tunjangan profesi selama ini wajib mengajar 24 jam dalam seminggu. Namun, aturan ini mulai tahun pelajaran 2017/2018 akan berubah. Guru tidak lagi wajib mengajar 24 perminggu untuk mendapatkan tunjangan profesi guru atau tunjagnan sertifikasi.

Kewajiban tersebut akan digantikan dengan kewajiban bekerja selama 40 jam perminggu. Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Sumarna Surapranata dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (16/6/2017), menyatakan ketentuan tersebut tercantum dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru.

Hal ini juga menjadi jawaban atas kekhawatiran sejumlah guru yang takut dengan beban kerja 40 jam perminggu ditambah kewajiban mengajar selama 24 jam perminggu. Kewajiban bekerja 40 jam perminggu tersebut, meliputi 5 M, yaiut :

  1. Merencanakan pembelajaran, 
  2. Melaksanakan pengajaran tatap muka, 
  3. Menilai atau memberi skor hasil belajar anak didik, 
  4. Melaksanakan bimbingan, dan 
  5. Melaksanakan tugas tambahan seperti pembinaan pramuka atau menjadi wali kelas
Jadi, 40 jam kerja dalam seminggu tersebut sudah meliputi tugas mengajar dan tugas-tugas lainnya. Bukan dipisah antara jam kerja dan jam mengajar. Dengan demikian, maka diharapkan semua guru akan fokus pada pembelajaran di masing-masing sekolah. Tidak ada lagi guru yang mengajar di dua sekolah untuk memenuhi jam mengajar 24 jam perminggu.

Jam mengajar di sekolah disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing sekolah yang memiliki jumlah siswa dan kelas yang berbeda-beda.

Sementara guru yang memiliki jam mengajar sedikit karena jumlah siswa yang sedikit dalam satu sekolah, pemenuhan 40 jam kerja bisa dikonversi ke tugas lainnya seperti menjadi narasumber atau mengajar di paket kesetaraan.

0 Response to "Persyaratan Tunjangan Sertifikasi Guru Terbaru, Tidak Wajib Mengajar 24 Jam"

Posting Komentar