Cara Penilaian dan Rumus Nilai Akhir Guru Pembelajar

Cara Penilaian dan Rumus Nilai Akhir Guru Pembelajar | Program guru pembelajar sudah berjalan dan beberapa dari guru peserta guru pembelajar sudah melaksankan guru pembelajar baik moda daring ataupun moda tatap muka. Namun sebagian dari guru masih bertanya-tanya tujuan akhir dari guru pembelajar ini apa dan bagaimana cara penilaian guru pembelajar. Hal ini dirasa wajar, karena guru ingin tahu pasti akan output dari kegiatan guru pemeblajar ini dan bagaimana metode penilaiannya. Dengan mengetahui metode penilaian, maka mereka bisa fokus pada pengoptimalan penilaian seingga tidak ada lagi remidi atau mengulang UKG.

Kita tahu bahwa guru pembelajar layaknya sebuah kursus bagi para guru untuk mengingkatkan kompetensi mereka sebagai guru profesional. Maka hasil akhir atau outuput dari kegiatan guru pembelajar diharapkan akan melahirkan guru-guru dengan kompetensi lebih baik dari sebelumnya.

Jika anda memperhatikan dalam guru pembelajar moda daring, maka anda juga bisa melihat nilai sementara yang tertera pada akun guru pembeljar anda. Yaitu pada menu Course dan pilih submenu Nilai. Di sini anda bisa amelihat nilai anda selama mengikuti kegiatan guru pembelajar. Lalu bagaimana sebenarnya penilaian guru pembelajar secara detail. Berikut penjelasannya.

Penilaian guru pembelajar bertujuan untuk mengukur kompetensi peserta melalui ketercapaian indikator kompetensi dan keberhasilan tujuan pembelajaran. Penilaian dilaksanakan untuk mengukur tingkat penguasaan kompetensi sesuai dengan kelompok kompetensi yang dipelajari.
 
Aspek yang dinilai mencakup pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Penilaian dilakukan melalui tes untuk aspek pengetahuan mencakup kompetensi profesional dan pedagogik, sedangkan untuk aspek sikap dan keterampilan menggunakan instrumen nontes melalui pengamatan selama kegiatan berlangsung dengan menggunakan format-format penilaian yang telah disediakan.

Penilaian terhadap guru pembelajar menggunakan 2 metode yaitu tes dan nontes. Berikut penjelasan dari kedua metode penilaian tersebut.

Penilaian Tes
Tes akhir dilakukan untuk mengukur pengetahuan peserta secara menyeluruh setelah mengikuti proses pembelajaran. Penilaian menggunakan metode penilaian acuan patokan (PAP). Tes mencakup kompetensi profesional dan pedagogik pada aspek pengetahuan berdasarkan indikator pencapaian kompetensi dari setiap materi sebagaimana yang tercantum dalam struktur program.

Tes akhir dilakukan secara online segera setelah peserta menyelesaikan kegiatan pembelajaran. Tes akhir dilakukan oleh peserta secara modular (sesuai kelompok kompetensi yang dipelajari) di Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang telah ditentukan oleh PPPPTK/LPPPTK KPTK sesuai dengan mekanisme UKG. Dalam kondisi tes akhir tidak dapat dilakukan secara online maka untuk ketuntasan program dimungkinkan pelaksanaan tes akhir secara offline dan hasilnya diolah dengan menggunakan sistem yang telah dibangun. Penetapan TUK dapat dilakukan dengan memverifikasi TUK tahun 2015 yang sekaligus menjadi Pusat Belajar Program Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar.

a) Bentuk Tes dan Jumlah soal
Tes yang dikembangkan dalam bentuk pilihan ganda. Jumlah soal untuk menguji penguasaan materi profesional dan pedagogik dalam satu kelompok kompetensi sejumlah 30 soal dengan proporsi 10 soal kompetensi pedagogik dan 20 soal kompetensi profesional.

b) Kondisi Pelaksanaan Tes
Tes dilaksanakan di TUK yang telah ditetapkan dalam situasi yang terbebas dari hal-hal yang mengancam reliabilitas, antara lain: (1) jarak tempat duduk; (2) penerangan lampu; (3) ketenangan suasana; (4) kesehatan peserta; (5) kerahasiaan perangkat tes; (6) ketersediaan lembar jawaban; (7) kejelasan petunjuk pengerjaan; (8) kecukupan alokasi waktu; (9) pengawasan dari penguji/panitia; dan (10) hal-hal lain yang dapat mengganggu pelaksanaan tes. Pelaksanaan tes diupayakan dalam kelompok belajar di kelas Program Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar.

Alokasi Waktu Tes memerlukan alokasi waktu selama 1 jam pelajaran atau 45 menit untuk satu kelompok kompetensi.
 
 Penilaian Non Test
Non test dilakukan untuk menilai proses selama kegiatan berlangsung. Penilaian proses dilakukan di setiap materi pembelajaran. Penilaian proses menggunakan instrumen dilengkapi dengan kriteria penilaian. Lingkup penilaian proses sebagai berikut.

Rekapitulasi Nilai Akhir Peserta Guru Pembelajar

Untuk menjamin kualitas pelaksanaan pembelajaran, kepada semua peserta baik Pembekalan Narasumber Nasional/Pengampu, Pembekalan Instruktur Nasional/Mentor, maupun Program Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar akan dilakukan penilaian baik tes dan non test yang hasilnya direkap dalam bentuk nilai akhir.

Rumus atau Cara Menghitung Nilai Akhir Guru Pembelajar
Nilai akhir (NA) peserta Program Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar Moda Tatap Muka diperoleh dari 3 komponen yaitu penilaian pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Penentuan nilai akhir peserta menggunakan formulasi sebagai berikut.

1) Formulasi penentuan nilai akhir peserta Program Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar bagi guru kelas, guru mapel, dan guru BK ditetapkan sebagai berikut.
  • NA = [{(NS x40%)+(NK x60%)}x40%]+[TAx 60%]
  • NA = Nilai Akhir
  • NS = Nilai Sikap (rerata dari semua aspek sikap yang jadi penilaian)
  • NK = Nilai Keterampilan (rerata dari semua materi)
  • TA = Nilai Tes Akhir (Tes Pengetahuan)
2) Formulasi penentuan nilai akhir peserta Program Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar bagi guru kejuruan
  • NA =[{(NS x40%)+(NK x60%)}x60%]+[TAx 40%]
  • NA = Nilai Akhir
  • NS = Nilai Sikap (rerata dari semua aspek sikap yang jadi penilaian)
  • NK = Nilai Keterampilan(rerata dari semua materi)
  • TA = Nilai Tes Akhir (Tes Pengetahuan)
3) Formulasi penentuan nilai akhir peserta Program Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar moda daring
  • NA =[(PD x10%)+(TS x50%)+(TAx 40%)]
  • NA = Nilai Akhir
  • PD = Penilaian Diri
  • TS = Tes Sumatif
  • TA = Nilai Tes Akhir

Nah demikian cara penilaian dan rumus nilai akhir guru pembelajar yang bisa menjadi acuan anda dalam mengoptimalkan diri dalam kegiatan guru pembelajar. Semoga guru pembelajar yang sedagn berlangsung akan melahirkan guru-guru dengan semangat baru dan kompetensi yang terbarukan.

0 Response to "Cara Penilaian dan Rumus Nilai Akhir Guru Pembelajar"

Posting Komentar