UKG Online Susulan Tanggal 11-14 Desember, Bagikan Pada Guru Yang Belum Melaksanakan UKG

UKG Online Susulan Tanggal 11-14 Desember, Bagikan Pada Guru Yang Belum Melaksanakan UKG | Guna mengakomodir guru-guru yang belum melaksanakan UKG maka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menyelenggarakan uji kompetensi guru (UKG) susulan pada tanggal 11 s.d 14 Desember 2015. UKG online tahap pertama berjalan dengan lancar dan dirjen GTK sudah bisa melihat hasilnya.
 
Agar tidak ada lagi guru yang terlewatkan dalam UKG tahap kedua, maka diharapkan semua guru secara pro aktif mendaftarkan diri ke dinas pendidikan di daerahnya masing-masing. Verifikasi yang dilakukan harus valid, agar tidak terulang lagi kesalahan verifikasi, seperti adanya perbedaan antara mata pelajaran yang diampu guru dengan yang keluar saat uji kompetensi, atau mata pelajarannya benar, namun jenjang pendidikan pada soal yang keluar di UKG berbeda.
Guru yang sudah sertifikasi, mata pelajarannya sesuai dengan sertifikasinya itu. Sedangkan guru yang belum sertifikasi bisa memilih mata pelajaran dalam UKG, sesuai yang diampu atau yang diajarkannya di kelas.
 
Guru-guru tidak perlu khawatir berlebihan terkait pelaksanaan UKG online. Apalagi dengan banyaknya isu beredar seputar sanksi yang akan diterima apabila hasil UKG buruk. Mulai dari pencabutan tunjangan sampai dengan mutasi. 

Kepala Bagian Perencanaan Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan, Tagor Alamsyah menegaskan, tidak ada sanksi yang diberikan kepada guru yang memiliki nilai buruk dalam UKG. Uji kompetensi guru, katanya, ditujukan untuk bercermin, dan memotret serta menganalisa peta kompetensi individu masing-masing guru. Tindak lanjut dari UKG 2015 adalah berupa pendidikan dan pelatihan (diklat) yang lebih terarah untuk guru-guru sesuai dengan pemetaan yang dihasilkan dari UKG.
Meskipun demikian bukan berarti guru bisa mengerjakan UKG secara asal-asalan. Guru harus mempersiapkan diri secara matang untuk mengerjakan UKG online 2015 tahap 2 nanti. Salah satunya adalah dengan mempelajari kisi-kisi dan berlatih mengerjakan soal.


Saya juga merekomendasikan para guru untuk mencoba aplikasi UKG online. Dengan berlatih menggunakan aplikasi ini maka anda memiliki persiapan yang matang untuk menghadapi UKG tahap dua nanti.


Video Cara Mengerjakan UKG Online 2015


0 Response to "UKG Online Susulan Tanggal 11-14 Desember, Bagikan Pada Guru Yang Belum Melaksanakan UKG"

Posting Komentar