Prosedur Kenaikan Pangkat PNS Terbaru, BKN Berlakukan Naik Pangkat Otomatis

Prosedur Kenaikan Pangkat PNS Terbaru, BKN Berlakukan Naik Pangkat Otomatis | Para PNS patut bersyukur karena BKN memberlakukan mekanisme kenaikan pangkat secara otomatis setiap 4 tahun sekali. Artinya untuk naik pangkat para PNS tidak perlu lagi mengajukan, atau sekolah yang mengajukan ke dinas pendidikan, karena setiap 4 tahun dari kenaikan pangkat pertama BKN akan melakukan evaluasi.

Tujuan dari pemberlakuan mekanisme ini adalah agar para PNS lebih fokus dengan pelayanan kepada masyarakat. Tidak lagi sibuk mengurusi berbagai keperluan untuk kenaikan pangkat. Hasil akhirnya adalah kualitas pelayanan kepada masyarakat tetap terjaga bahkan semakin naik, tapi nasib dirinya sendiri juga tidak terbaikan.
 

Mekanisme kenaikan pangkat otomatis setiap 4 tahun sekali ini berlaku untuk semua PNS, baik itu struktural maupun PNS fungsional tertentu (guru). Namun demikian, ada beberapa prosedur yang harus diikuti para guru sebelum kenaikan pangkat secara otomatis. 

Prosedur Kenaikan Pangkat Otomatis Bagi Guru PNS, Guru PNS tetap harus mengumpulkan angka kredit untuk bisa naik pangkat.


Bagi para guru PNS yang akan naik pangkat diharapkan agar meningkatkan kompetensinya dan mengumpulkan angka kredit kenaikan pangkat. Namun nantinya, BKN akan memberikan tenggat waktu untuk guru PNS mengumpulkan kredit dengan ikut diklat, seminar dan lain sebagainya. Dalam hal ini BKN terus mengadakan berkoordinasi dengan Kementerian Pendidikan dalam menentukan pola baru kenaikan pangkat guru.

Ke depan, BKN akan mengirimkan daftar nama PNS yang akan naik pangkat pada periode tertentu enam bulan sebelumnya. Pun demikian untuk daftar nama PNS yang akan pensiun. Akan disampaikan daftarnya setahun sebelum waktu berlakunya.

Dengan demikian, Setidaknya PNS bersangkutan bisa segera memproses pemberkasannya agar saat jatuh tempo, baik naik pangkat maupun pensiun sudah bisa menerima haknya. Mereka yang naik pangkat bisa menerima pendapatan sesuai kepangkatannya, dan yang pensiun langsung bisa menerima uang pensiunnya tepat hari jatuh temponya.

0 Response to "Prosedur Kenaikan Pangkat PNS Terbaru, BKN Berlakukan Naik Pangkat Otomatis"

Posting Komentar