Gaji Guru Honorer Akan Setara Dengan Gaji Guru PNS. Benarkah?

Gaji Guru Honorer Akan Setara Dengan Gaji Guru PNS. Benarkah? | Saat ini terjadi kesenjangan yang sangat lebar antara guru honorer dengan guru PNS, dimana guru PNS bisa menikmati gaji hampir sama bahkan lebih tinggi dibanding gaji anggota dewan, sedangkan guru honorer hanya mendapatkan upah sebesar antara 200 ribu hingga 500 ribu saja perbulan. Bahkan masih ada guru honorer yang mendapatkan upah sebesar 100 ribu rupiah. Hmmm.... cukup buat apa ya???

Semua guru honorer, baik yang masuk K2 ataupun tidak sudah pasti mengharapkan sauatu saat diangkat menjadi PNS. Namun dengan adanya moratorium pembatasan perekrutan CPNS, harapan tersebut terasa semakin menjauh. Berbagai asksi demopun dilakukan oleh para guru honorer demi menuntut kesejahteraan yang layak.

Dalam ketidak pastian nasib huru honorer, beredar kabar bahwa pemerintah akan merubah status guru honorer menjadi guru PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja). Apa bedanya guru honorer dengan guru PPPK.

Perbedaan mendasar dari antara guru honorer dengan guru PPPK adalah pada sistem peggajian. Kalau selama ini guru honorer hanya mendapatkan upah dari alokasi dana BOS, maka jika sudah menjadi PPPK gaji akan langsung diberikan oleh pemerintah, pusat atau daerah (tergantung kondisi ekonomi kali ya)

Dengan demikian diharapkan, kesejahteraan guru honorer akan meningkat, paling tidak guru honorer akan mendapatkan upah setara dengan Upah Minimum Daerah setempat. Bahkan jika, ini menjadi kenyataan konon gaji huru PPPK akan sebanding dengan gaji PNS, cuma bedanya guru PPPK tidak mendapaktan tunjangan pensiun, sedangkan untuk tunjangan kesehatan dan jaminan kecelakaan kerja guru honorer juga mendapatkannya. Kapan ini akan terealisasi? Atau hanya akan menjadi wacana saja yang kemudian menguap hilang setelah guru honorer ternina bobo. Hmmmmmm

0 Response to "Gaji Guru Honorer Akan Setara Dengan Gaji Guru PNS. Benarkah?"

Posting Komentar